Jakarta, Waspada.co.id – Para wisatawan di Indonesia lebih mementingkan untuk mendapat nilai lebih dibandingkan biaya dan cenderung mengutamakan pengalaman digital yang baik ketika berwisata dibandingkan rata-rata wisatawan global.
Demikian menurut Global Digital Traveler Survey (GDTR) 2019 yang diumumkan Kamis (30/1) oleh Travelport, perusahaan terkemuka yang melayani industri travel, dan Galileo Indonesia-distributor Travelport di Indonesia.
Direktur Regional Wilayah Operator APAC Travelport Gary Harford dan Presiden Direktur Galileo Indonesia Raymond Setokusumo memaparkan penemuan spesifik mengenai Indonesia dari Travelport’s 2019 Global Digital Research yang menyurvei 23 ribu orang dari 20 negara, termasuk dari Indonesia, pada sebuah acara di Hotel Hermitage Jakarta.
Disebutkan, wisatawan di Indonesia lebih mencari nilai lebih ketika memesan tiket pesawat ketimbang sekadar harga termurah. Hampir sembilan dari 10 wisatawan di Indonesia (88%) menganggap nilai tambah adalah prioritas utama dalam memilih maskapai penerbangan.
Para wisatawan ingin mempersonalisasi penerbangan dengan pesanan layanan tambahan/add-ons (seperti ruang kaki yang lebih luas atau makanan ekstra). Menariknya, wisatawan di Indonesia paling rela memberi lebih banyak informasi pribadi kepada pihak maskapai penerbangan asalkan bisa mendapatkan penawaran khusus.
Bagian dari pertimbangan nilai lebih oleh para wisatawan adalah ekspektasi yang tinggi terhadap
maskapai. Mereka juga memprioritaskan keandalan maskapai, rute/jadwal penerbangan yang ideal, layanan pelanggan yang baik, dan pengalaman yang menyenangkan selama penerbangan.
Mayoritas wisatawan di Indonesia menganggap pengalaman digital yang baik (check-in dan akses informasi gate secara online) penting dalam memilih maskapai. Ekspektasi terhadap pengalaman digital yang baik ini juga meliputi aspek-aspek lainnya dalam sebuah perjalanan.
“Para wisatawan mengharapkan pengalaman sederhana dan menyenangkan dari penyedia jasa pariwisata. Riset kami menunjukkan teknologi berperan penting dalam hal ini, baik dalam memberikan layanan penawaran terpersonalisasi yang diharapkan maupun mencari nilai terbaik,†kata Regional Director APAC Operator Territories Travelport, Gary Harford.
Raymond Setokusumo selaku Presiden Direktur Galileo Indonesia menambahkan bahwa memahami ekspektasi konsumen Indonesia yang terus mengalami perubahan merupakan kunci untuk memenuhi kebutuhan mereka.
“Wisatawan jelas rela berkorban mencari nilai terbaik bagi rencana perjalanan dan penyedia jasa pariwisata yang cerdas perlu memikirkan cara menyediakan hal tersebut,†tuntasnya. (wol/aa/rls/data3)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL
Discussion about this post