BARCELONA, Waspada.co.id – FC Barcelona sedang negosiasi sponsorship yang akan menjadi salah satu paket terbesar dalam sejarah sepakbola. Dalam kesepakatan itu, kandang Barcelona diwacanakan berubah nama menjadi Nou Camp Spotify.
Radio Catalunya mengklaim Spotify sedang dalam pembicaraan menjadi sponsor utama El Blaugrana. Di dalamnya ada kesepakatan mengenai hak penamaan Nou Camp yang telah menjadi markas klub Catalan tersebut sejak 1957.
Sponsor jersey Barcelona saat ini adalah Rakuten yang notabene perusahaan perdagangan elektronik. Untuk seragam latihan tim asuhan Xavi Hernandez, Beko yang juga merek peralatan rumah tangga menjadi sponsor.
Kedua kesepakatan akan berakhir dalam enam bulan karena klub ingin mendapatkan kesepakatan sponsorship baru yang menguntungkan untuk meringankan masalah keuangan. Menurut laporan, Barcelona siap menjual hak penamaan stadion.
Akan tetapi, Spotify hanya tertarik menyetujui kesepakatan hak gelar stadion untuk ‘jangka waktu yang relatif singkat’. Alhasil, Barca bersedia menerima ini sebagai bagian kesepakatan sponsor yang lebih luas.
Barcelona tidak memiliki sponsor kaos utama sampai tahun 2006, ketika menyetujui kemitraan dengan Unicef. Lalu, Los Cules menandatangani perjanjian dengan Qatar Airways sebelum Rakuten menjadi sponsor utama pada tahun 2017.
Laporan lain menyebutkan dua perusahaan mata uang krypto juga berminat jadi sponsor utama Barcelona. Kedua perusahaan itu adalah VeganNation dan Polkadot yang sama-sama menawarkan kerja sama senilai Rp1,2 triliun per tahun.
Presiden Barcelona, Joan Laporta, dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan CEO VeganNation, Isaac Thomas. Saat ini, situasi keuangan Barcelona memiliki utang hingga 1,2 miliar pounds (setara Rp23 triliun). (wol/aa/as/footballespana/data3)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL
Discussion about this post