JAKARTA, Waspada.co.id – Perekonomian di tahun 2024, baik global maupun domestik, menunjukkan tren yang dinamis. Tantangan utama yang dihadapi banyak negara, termasuk Indonesia, adalah inflasi dan meningkatnya beban biaya hidup sehingga banyak kalangan harus menyesuaikan pola konsumsi.
Dari industri asuransi umum, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) triwulan III-2024, pertumbuhan premi mencapai 14,5 persen year on year (yoy). Pertumbuhan ini didukung oleh beberapa lini bisnis yang mengalami pertumbuhan positif, walaupun tetap ada lini bisnis lainnya yang terkontraksi.
Sesuai dengan tujuan Allianz secara global, “We Secure Your Future”, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) selama 35 tahun hadir di Indonesia, sejak 21 Desember 1989, menyediakan beragam proteksi asuransi umum bagi masyarakat. Di 2024, Allianz Utama berhasil mencatatkan kinerja positif di tengah tantangan yang ada. Hal ini terlihat dari pencapaian yang baik pada berbagai indikator.
Sampai dengan bulan November 2024, Allianz Utama mencatatkan pertumbuhan positif untuk Growth Written Premium atau GWP sebesar 10% menjadi Rp757 miliar. Lini bisnis yang menjadi kontributor utama pendapatan premi perusahaan adalah asuransi tanggung gugat sebesar 36 persen, asuransi harta benda sebesar 33 persen, asuransi perjalanan sebesar 11 persen, dan asuransi kendaraan bermotor sebesar 8 persen.
Asuransi harta benda Allianz Utama tercatat bertumbuh 18 persen secara year-on-year, sedangkan asuransi perjalanan dan asuransi kendaraan bermotor terkontraksi tipis sebesar 2 persen dan 7 persen.
Dengan optimalisasi bisnis dan dukungan seluruh jalur distribusi yang dimiliki, Allianz Utama membukukan laba setelah pajak sebesar Rp20,6 miliar, meningkat 9 persen secara year-on-year. Allianz Utama juga kuat secara finansial, yang salah satu indikatornya dapat dilihat dari tingkat solvabilitas sebesar 602%. Allianz Utama terus mewujudkan komitmen untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia, dengan membayarkan klaim sebesar Rp204,3 miliar, meningkat 28 persen dari periode waktu yang sama di tahun sebelumnya.
Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan bahwa di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi, kami berterima kasih kepada nasabah yang telah mempercayakan perlindungannya kepada Allianz sehingga kami dapat terus bertumbuh.
“Kami akan terus berinovasi dan memperkuat relasi yang harmonis antara perusahaan, karyawan, dan para mitra bisnis untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat. Allianz berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah dengan solusi dan layanan asuransi yang berkualitas,” terangnya.
Komitmen Allianz Utama terlihat dari konsistensi dalam mengembangkan solusi dan perlindungan yang dibutuhkan nasabah dengan menyediakan berbagai jenis perlindungan asuransi umum. Di awal tahun 2024, Allianz Utama memperkenalkan Transportation Allowance, yang merupakan bagian dari Personal Inconvenience Insurance, atau Asuransi Ketidaknyamanan Pribadi, dan akan menjamin kerugian yang timbul ketika mobil pribadi tidak dapat digunakan sementara akibat perbaikan.
Allianz Utama terus konsisten mengembangkan bisnis asuransi perjalanan sebagai salah satu kontributor utama pendapatan premi perusahaan, baik dari jalur distribusi direct sales, broker, keagenan, sampai affinity. Allianz Utama menyediakan produk asuransi perjalanan TravelPRO untuk perorangan, Annual TravelPRO untuk perlindungan perjalanan yang berlaku selama satu tahun, dan Group TravelPRO untuk perlindungan perjalanan satu grup ke luar negeri.
Pada bulan Mei 2024, Allianz Utama dan Garuda Indonesia kembali melakukan kolaborasi dengan meluncurkan perlindungan untuk penumpang Garuda Indonesia, menghadirkan pilihan produk asuransi perjalanan untuk tujuan domestik maupun internasional, Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance – Enhanced. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang telah terjalin sebelumnya sejak 2014, dimana produk asuransi perjalanan Allianz memberikan layanan tambahan dan mengoptimalkan perlindungan bagi penumpang Garuda Indonesia saat melakukan perjalanan.
“Perjalanan 35 tahun Allianz Utama di Indonesia merupakan sebuah bukti dari komitmen kami untuk terus berkolaborasi dan maju. Kami bangga bisa terus berkembang dan mewujudkan tujuan Allianz, yakni “We Secure Your Future”, melalui perlindungan yang dibutuhkan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia,” tutup Sunadi. (wol/ari)
Discussion about this post