MEDAN, Waspada.co.id – Berikan kemudahan kepada masyarakat dalam urusan belanja online, PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’ atau ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) yang fokus pada visinya menjadi ekosistem perdagangan dan gaya hidup pilihan bagi konsumen dan institusi.
Blibli, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, terus berinovasi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan menyenangkan bagi konsumen.
Untuk memperkuat kehadirannya di Sumatera, Blibli memperkenalkan tiga solusi omnichannel terbaru yakni Klik & Collect, belanja di toko via aplikasi, dan peningkatan jumlah toko fisik. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kemudahan berbelanja, tetapi juga mempererat hubungan dengan para mitra.
Melalui serangkaian acara Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket, Blibli kembali memperkenalkan berbagai inovasinya.
Head of Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan, menuturkan bahwa sejak tahun 2022 Blibli memutuskan untuk menjadi perusahaan terbuka dan berkomitmen untuk membangun ekosistem perdagangan yang solid demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
“Dalam perayaan ulang tahun ke 13 ini, Yolanda menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Blibli, termasuk teman-teman media, para seller, dan lainnya. Kami sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kami untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” tuturnya, Senin (5/8).
Bahwa visi Blibli adalah menjadi ekosistem perdagangan pilihan bagi konsumen ritel dan institusi. Dalam ekosistem ini, Blibli, Tiket.com, dan Ranch Market bergabung untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen.
“Kami ingin menjadi lebih baik dengan memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat,” katanya.
Sejak tahun 2020, Blibli juga telah memperkenalkan berbagai inovasi, seperti Blibli Tiket yang tersedia dalam ekosistem. Salah satu inovasi yang populer adalah opsi pembayaran “Buy Now, Pay Later” yang telah digunakan oleh sekitar 220.000 pengguna pada tahun ini.
“Pada tahun 2022, Blibli meluncurkan “Single Sign-On” dan “Unified Membership,” yang memungkinkan pelanggan menikmati layanan di seluruh ekosistem hanya dengan satu akun. Membership ini memiliki berbagai tingkatan, mulai dari Silver, Gold, Platinum, hingga Diamond, dengan berbagai keuntungan yang menarik, seperti gratis ongkir berkali-kali, akses gratis ke lounge bandara, dan voucher ulang tahun,” ungkapnya.
Sebagai perusahaan terbuka, Blibli juga meluncurkan program keberlanjutan pada tahun 2023. Program ini meliputi penggunaan sumber daya yang lebih efisien, pengelolaan limbah, pengurangan emisi, keamanan data, serta pelatihan dan pengembangan karyawan.
“Kami menggunakan 95% bahan daur ulang dan mengurangi penggunaan plastik. Kami juga memiliki program pengembalian kotak untuk mendapatkan poin,” jelas Yolanda.
Selain itu, keamanan data menjadi prioritas utama bagi Blibli. Standar keamanan data, seperti ISO 27001, diterapkan secara ketat, dan tim keamanan data bekerja 24 jam untuk memastikan privasi dan keamanan pelanggan terjaga.
“Dalam kesempatan itu, peningkatan transaksi per pesanan mencapai 39% dibandingkan tahun lalu. Di sisi lain, dia juga memperkenalkan inovasi seperti fitur “Click and Collect” juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk belanja online dan mengambil barang secara offline,” katanya.
Bahwa perjalanan ekosistem Blibli masih panjang dan penuh dengan potensi. “Ini baru permulaan. Kami berharap ekosistem ini dapat terus relevan dan menjawab kebutuhan masyarakat.
Ditambahkan Region Head Sumatera Blibli,Stevany Luchiana tiga solusi omni-channel yang telah diterapkan Blibli di wilayah Sumatera. Solusi ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan berbelanja bagi konsumen di daerah tersebut.
“Solusi pertama adalah Klik & Collect, di mana pelanggan dapat berbelanja dari rumah dan mengambil barang di toko. “Misalkan ada yang ingin membeli laptop, tetapi tidak sempat ke toko langsung, bisa belanja di Blibli, lalu mengambil barang di toko saat pulang kerja,” jelas Stevany.
“Solusi kedua adalah berbelanja di toko melalui aplikasi Blibli. Pelanggan bisa menikmati promo pembayaran yang tersedia di toko, tetapi dengan kemudahan berbelanja online,” tandasnya. (wol/eko/d1)
Editor: Ari Tanjung
Discussion about this post