LANGSA, Waspada.co.id – Workshop penggunaan e-katalog yang dihadiri Forkopimda, pimpinan OPD, jajaran Pemerintahan Kota Langsa, Perum Bulog cabang Langsa, instansi vertikal, pelaku UMKM hingga Bank Aceh Syariah cabang Langsa itu dilakukan dengan sejumlah tujuan.
Ada 4 poin tujuan digelarnya sosialisasi pemasaran produck digital, seperti yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemko Langsa Ali Musafah.
Disebutnya, bahwa hal tersebut merujuk pada Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.
Lalu surat edaran Kepala LKPP Nomor 6 tahun 2022 tentang Percepatan Belanja Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro Usaha Kecil dan Koperasi melalui katalog elektronik lokal pemerintah daerah. Selanjutnya sesuai dengan rencana aksi reformasi birokrasi tematik dari Kemenpan RB RI.
Tujuan kegiatan workshop atau sosialisasi ada 4, yakni :
1.Memperkenalkan sistem E-Katalog kepada Pelaku UMKM sebagai sarana pemasaran produk secara digital.
- Meningkatkan literasi digital UMKM terkait transaksi elektronik dan pengelolaan produk secara online.
- Mendukung pelaku UMKM dalam mengakses layanan perbankan dan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.
- Membangun kemitraan antara UMKM dengan stakeholder terkait, termasuk lembaga perbankan, untuk menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kuat dan berkelanjutan.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi digital, khususnya dalam memanfaatkan e-katalog, serta memperkuat sinergi dengan lembaga perbankan. Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing UMKM dalam mengakses pasar yang lebih luas dan memperoleh dukungan pembiayaan,” ujar Ali Mustafa dalam kegiatan sosialisasi pemasaran produk digital bagi UMKM, di aula balai kota, Kamis (19/9).
Dikatakannya, Ini juga merupakan bentuk komitmen saya selaku peserta pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. II angkatan XVII tahun 2024 di Pustlatbang KHAN LAN RI yang mempunyai Proper dengan judul “PEKAT” (Percepatan Produk Lokal Melalui e-katalog di Kota Langsa).(wol/rid/d2)
Editor: Rizki Palepi
Discussion about this post