MEDAN, Waspada.co.id – Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 PT KAI (Persero) sebentar lagi akan dimulai, dengan periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, menuturkan di wilayah KAI Divre I Sumatera Utara penjualan tiket KA telah mencapai 10 ribu tiket yang telah terjual pada masa Nataru atau baru mencapai 6,3% dari 159.192 tiket yang disediakan.
“Jumlah tersebut masih akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI Divre I Sumut berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tuturnya, Kamis (5/12).
Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI maupun chanel penjualan tiket lainnya mulai H-45 sebelum keberangkatan untuk KA antar kota dan H-7 untuk KA Lokal.
“Menyambut masa Nataru 2024/2025, KAI Divre I Sumut terus berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan kereta api. Sejumlah inisiatif telah disiapkan untuk memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan selama periode Nataru 2024/2025,” ungkapnya.
Salah satu upaya nyata adalah dengan menambah jumlah Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Medan sejumlah 3 orang dan di Stasiun Kisaran 2 orang. CSM tersebut dikerahkan untuk membantu dan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan kereta api, memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan efisien.
“Persiapan fasilitas lainnya juga telah disiapkan untuk mendukung angkutan Nataru antara lain, Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan. Dengan teknologi Face Recognition, pelanggan tidak perlu lagi repot membawa tiket fisik atau menunjukkan identitas. Cukup dengan verifikasi wajah, proses boarding menjadi lebih cepat, efisien, aman dan tentu saja ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan kertas,” jelasnya.
KAI juga turut menghadirkan suasana liburan yang semarak dengan dekorasi tematik Natal dan Tahun Baru di stasiun. Penumpang dapat merasakan kenyamanan tambahan selama menunggu keberangkatan, sekaligus menikmati suasana yang hangat dan menyenangkan.
“Untuk semakin memeriahkan momen liburan, beberapa stasiun dan kereta akan dihiasi dengan tematik Natal. Desain khusus tematik ini tidak hanya memberikan tampilan baru yang menarik, tetapi juga menyajikan pengalaman berkesan bagi pelanggan selama perjalanan dengan kereta api,” kata Anwar.
Melalui berbagai peningkatan layanan ini, KAI berkomitmen untuk menjadikan perjalanan kereta api pada momen Nataru 2024/2025 sebagai pilihan transportasi terbaik yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan. (wol/eko/d2)
Editor: Ari Tanjung
Discussion about this post