Waspada.co.id – Apakah boleh keramas saat puasa Ramadhan? Dai muda asal Yogyakarta Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menyatakan orang yang puasa boleh melakukan keramas. Syaratnya, dia bisa menjamin tidak akan menghirup air ketika keramas.
Dia mengungkapkan ada dalil shahih yang menyatakan bolehnya seorang Muslim melakukan mandi keramas ketika puasa Ramadhan.
Dari Abu Bakr bin Abdur Rahman, dari salah seorang sahabat, beliau menceritakan perjalanan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika Fathu Makkah, yang pada saat itu beliau puasa:
كان صلى الله عليه وعلى آله وسلم يصب الماء على رأسه وهو صائم من العطش أو من الحر
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyiramkan air ke atas kepala Beliau ketika sedang puasa, karena kehausan atau terlalu panas.” (HR Ahmad nomor 16602, dan dishahihkan Syekh Syuaib Al Arnauth)
Kemudian riwayat dari Ibnu Umar:
وكان ابْنُ عُمَرَ -رضى الله عنهما- بَلَّ ثَوْبًا ، فَأَلْقَاهُ عَلَيْهِ، وَهُوَ صَائِمٌ.
“Ibn Umar radliallahu ‘anhuma pernah membasahi pakaiannya dan beliau letakkan di atas kepalanya ketika sedang puasa.” (HR Bukhari secara muallaq, 3/30)
Semakna dengan hadits tersebut adalah hukumnya orang yang berenang atau berendam di air ketika puasa. Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah menjelaskan:
لا بأس للصائم أن يسبح، وله أن يسبح كما يريد، وينغمس في الماء، ولكن يحرص على أن لا يتسرب الماء إلى جوفه بقدر ما يستطيع، وهذه السباحة تنشط الصائم وتعينه على الصوم، وما كان منشطاً على طاعة الله فإنه لا يمنع منه، فإنه مما يخفف العبادة على العباد وييسرها عليه.
“Tidak masalah orang yang berpuasa melakukan renang, dia boleh berenang sesuai yang dia inginkan, dan menenggelamkan badannya di air. Namun dia harus ekstra hati-hati jangan sampai ada air yang masuk ke perutnya, semampu yang dia lakukan. Berenang kadang membuat orang yang puasa lebih semangat dan membantu meringankannya untuk berpuasa. Dan setiap kegiatan yang membantu seseorang untuk semakin taat kepada Allah, hukumnya tidak terlarang. Karena kegiatan semacam ini meringankan beban ibadah bagi hamba dan memudahkannya untuk melakukan ibadah itu.”
Kemudian beliau menyebutkan dalil yang mendukung keterangan tersebut, yakni:
وقد قال الله تبارك وتعالى في معرض آيات الصوم: يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ ، والنبي عليه الصلاة والسلام قال: “إن هذا الدين يسر، ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه”، والله أعلم.
Allah berfirman ketika menjelaskan ayat-ayat tentang puasa:
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al Baqarah: 185)
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:
إن هذا الدين يسر، ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه
“Sesungguhnya agama ini mudah. Tidak ada seorang pun yang mempersulit agama, kecuali dia akan terkalahkan (tidak mampu menjalankannya).” (http://ar.islamway.net/fatwa/15929). (wol/okezone/ryp/d2)
Discussion about this post