JAKARTA, Waspada.co.id – Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia–termasuk brand fashion lokal, seperti Batik Arkanza (simak kisah pebisnis sukses yang pernah jadi driver ojol di sini) melalui berbagai inisiatif karena industri fesyen tanah air memiliki potensi yang besar.
Pada skala nasional, beberapa produk fashion dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: atasan (kaos), blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu, dengan rata-rata hampir 7 kali lipat. (Sumber: Tokopedia dan ShopTokopedia, data kuartal IV 2024 dibandingkan dengan kuartal IV 2023).
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega menuturkan untuk makin mendorong geliat industri fashion termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik.
Penjualan sejumlah brand fashion di ‘Beli Lokal’ Tokopedia dan ShopTokopedia naik 21 kali saat Promo Guncang 11.11
Promo Guncang berlangsung di Tokopedia dan ShopTokopedia setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan termasuk fashion dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon. Di jam pertama puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, ada Beli Lokal yang memberikan etalase khusus bagi brand lokal termasuk fashion agar makin menjadi pilihan masyarakat.
“Fashion menjadi salah satu kategori produk paling laris pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia saat Promo Guncang 11.11 tahun 2024 berlangsung. Sejumlah brand fashion lokal bahkan merasakan peningkatan tertinggi nilai penjualan dengan rata-rata lebih dari 21 kali lipat melalui kampanye Beli Lokal saat Promo Guncang 11.11,” kata Antonia.
“Secara umum, brand yang berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal, dan mengalami peningkatan transaksi tertinggi saat Promo Guncang 11.11 berlangsung, berasal dari kategori produk Groceries, Elektronik, dan Rumah Tangga, dengan rata-rata kenaikan hampir 24 kali lipat,” ungkap Antonia.
‘Melokal Dengan Batik’ Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi sejumlah produk batik naik 6 kali lipat
Lewat Melokal Dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik lewat berbagai inisiatif kunci, yaitu akselerasi digitalisasi UMKM batik, halaman khusus Melokal Dengan Batik, shoppertainment, dan peningkatan kapasitas produksi. Inisiatif yang diluncurkan pada awal tahun 2024 ini juga bertujuan meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk batik lokal.
Berkat inisiatif Melokal Dengan Batik, di skala nasional, terdapat sejumlah produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan bawahan batik (rok, kamen), dengan rata-rata lebih dari 6 kali lipat. (Sumber: Tokopedia dan ShopTokopedia, data kuartal IV 2024 dibandingkan dengan kuartal IV 2023).(wol/eko/rls/d1)
Discussion about this post