MEDAN, Waspada.co.id – Event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) yang mengemas Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) dengan acara puncak 3-7 Juli 2024 di Medan sukses.
Kegiatan tersebut berhasil mencatatkan total transaksi dari rangkaian KKSU 2024 mencapai Rp91,7 miliar serta business matching Rp10,8 miliar.
Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) merupakan sebuah gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata dalam negeri.
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Yura Djalins, menyebutkan pada tahun ini Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI dan GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan.
“Total transaksi dari rangkaian acara KKSU mencapai Rp91,7 miliar serta business matching Rp10,8 miliar, melebihi target GBBI dan GBBWI sebesar Rp50 miliar per daerah,” ungkap Yura Djalins dalam acara Bincang Bareng Media, di Kantor Perwakilan BI Sumut, Selasa (30/7).
Penjualan event road to KKSU mencapai Rp32,8 miliar dengan rincian antara lain F1Powerboat (Feb 2024) mencapai Rp203 juta, Planogram (Feb-Mar 2024) Rp6,6 miliar, Pekan Inovasi (15 Mei 2024) Rp9,8 juta, dan penjualan Pra KKSU (April-Juni 2024) sebesar Rp26 miliar lebih.
“Penjualan KKSU mencapai Rp2,99 miliar dengan rincian, pameran KKSU offline (3-7 Juli 2024) sebesar Rp2,47 miliar dan pameran KKSU online (3-7 Juli 2024) sebesar Rp516,7 juta. Kemudian transaksi ekspor UMKM (April-Juni 2024) mencapai Rp55,89 miliar,” jelasnya.
Event KKSU tersebut diikuti 301 UMKM baik secara offline mencapai 135 UMKM dan online 163 UMKM dengan jumlah pengunjung 282 ribu.
Sementara itu, pencapaian KKSU dalam agenda Business Matching sebesar Rp10,8 miliar dengan rincian, business matching pembiayaan sebesar Rp8,3 miliar, business matching ekspor sebesar Rp2,4 miliar, dan business matching dalam negeri Rp11,3 juta.
Dalam acara tersebut juga dilakukan selebrasi program antara lain Selebrasi program pengembangan UMKM Go Export dengan total nilai transaksi ekspor mencapai Rp42 miliar, business matching pembiayaan Rp8,3 miliar, penandatanganan 10 kerjasama investasi strategis senilai Rp500 miliar, dan program sosial Bank Indonesia berupa revitalisasi Istana Maimun.
“Bank Indonesia memfasilitasi UMKM dalam mempromosikan produknya secara online melalui website KKSU (KKSU 2024 – Pameran UMKM Unggulan [karyakreatifsumut.com]). Lebih dari 300 UMKM unggulan di Sumatera Utara terdaftar pada e-catalogue KKSU 2024,” tandasnya.(wol/eko/d2)
Editor: Ari Tanjung
Discussion about this post