MEDAN, Waspada.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Agus Fatoni mengajak seluruh pelaku UMKM di Sumut untuk memanfaatkan moment Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dengan memproduksi berbagai produk-produk unggulan, mulai dari makanan dan minuman, wastra hingga kriya khas Sumut.
Hal tersebut disampaikan Fatoni saat meresmikan tiga inovasi, yaitu Galeri UMKM Sumut Creative Center, Inkubator Bisnis dan Layanan Kemasan. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UMKM, Komplek PRSU, Medan, Selasa (20/8).
Fatoni mengatakan, nantinya pada pelaksanaan PON XXI tepatnya tanggal 8-20 September mendatang Provinsi Sumut akan kedatangan lebih dari 51 ribu atlet, pelatih dan official dari seluruh Indonesia.
“Kita produksi sebanyak-banyaknya, kita perbaiki semuanya dan kita pasarkan. Mudah-mudahan dengan adanya PON ini ekonomi Sumut bergerak cepat, UMKM kita juga bergerak cepat, termasuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata,” ucap Fatoni.
Menurutnya, dengan hadirnya ribuan orang dari luar Sumut merupakan peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk unggulannya. Sehingga diharapkan pelaksanaan PON XXI ini juga akan menggerakan perekonomian Sumut.
Sementara itu, terkait launching Sumut Creative Center, Fatoni mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pengembangan UMKM agar produk-produk UMKM bisa dikenal, tidak saja tingkat nasional tapi juga internasional.
Oleh karena itu, Pemprov Sumut terus melakukan pembinaan, fasilitasi memberikan pelatihan agar UMKM di Sumut bisa mandiri dan produktif.
Fatoni menyebut permasalahan utama para pelaku UMKM adalah pemasaran, packaging (pengemasan) dan perencanaan bisnis. Untuk itu, dia mengajak para pelaku UMKM di Sumut untuk datang ke Sumut Crearive Center.
“Jadi silakan UMKM di Sumut untuk datang ke sini, yang belum punya kemasan akan dibuatkan desainnya, dibuatkan kemasannya, yang plan bisnisnya belum ada, nanti kita latih di sini, agar pelaku-pelaku UMKM di Sumut bisa naik kelas dan mendunia,” jelasnya.
Fatoni juga berharap dengan di-launching-nya Sumut Creative Center menjadi wadah bertemunya para pelaku UMKM untuk saling bertukar ide dan berinovasi dalam menghasilkan produk.
Dalam yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Naslindo Sirait mengatakan hadirnya Sumut Creative Center mendorong para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka. Saat ini tercatat 129 UMKM yang menjual produknya di Sumut Creative Center dengan 2.040 jenis produk.
Ditargetkan penjualan melalui Sumut Creative Center ini mencapai Rp1 miliar untuk tahun 2024. Kemudian, Naslindo mengatakan terdapat 450 pelaku UMKM dilibatkan untuk menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut. (wol/man/d1)
Editor AGUS UTAMA
Discussion about this post