Real Demand Survey membantu merancang kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sedangkan Survei Kepuasan Pelanggan memastikan bahwa kebijakan tersebut berjalan secara optimal dan memberikan dampak yang diinginkan.
Dengan memadukan hasil dari kedua survei ini, pembuat kebijakan dapat menciptakan program yang responsif, berkelanjutan, dan didukung oleh masyarakat luas, sehingga meningkatkan efektivitas tata kelola pelayanan air bersih secara keseluruhan.
Wakil Rektor III Pdt Partohap Sihombing M.Pd, menyampaikan apresiasi atas kerjasama UNHKBP melalui PUSTAKA dengan Perumda Tirtauli Pematangsiantar. Ia berharap FGD dapat memberikan dampak yang positif demi peningkatan pelayanan di Perumda Tirtauli Pematangsiantar.
Sementara Dirut Perumda Tirtauli Arianto MM, menyebutkan seiring meningkatkan permintaan, Perumda Tirtauli berupaya meningkatkan pelayanan pendistribusian air bersih.
Dikatakannya ada beberapa aspek penting yg harus dipenuhi, tentang kualitas. Dimana air yg didistribusikan harus sehat sesuai Permenkes Nomor 2 tahun 2023, yakni kualitas air yang didistribusikan dilakukan uji kualitas secara internal dan eksternal yang memiliki sertifikat.
Memperhatikan kuantitas, jumlah kebutuhan air yang sudah terlayani hingga 85 persen. Total layanan masih berkisaran di 22 jam. Tentang keterjangkauan, tarif air harus terjangkau dan tidak membebani masyarakat.
Bekerja sama dengan akademi dalam hal ini Nomensen untuk melakukan survey untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Untuk 4 tahun terakhir untuk air minum Perumda Tirtauli meraih terbaik tingkat Sumatera Utara dan memperoleh Top BUMD Award. Telah launching Zona Air Minum Prima (ZAMP) di Perumahan Meranti Permai. “Perumda Tirtauli belum puas hati untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga hasil FGD menjadi rapor pelayanan untuk perbaikan kedepan,” sebutnya.
Sebagai narasumber DR Juli Antasari Sinaga MPd, Yoel Purba MPd, Nalom Sinaga SPd, MPd
Yoel Purba memaparkan hasil survey pelanggan menyatakan kepuasan terhadap pelayanan Perumda Tirtauli Pematangsiantar dengan sampel lokasi di Kota Pematangsiantar dan 2 wilayah Kabupaten Simalungun, 399 pelanggan dengan usia 38-44 tahun. 51,6 persen perempuan. (wol/azr)
Editor AGUS UTAMA
Discussion about this post