Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32%
2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21%
3. Provinsi Lampung, 19%
4. Provinsi Sumatera Barat, 17%
5. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 16%
6. Provinsi Jawa Timur, 15%
7. Provinsi Sumatera Utara, 14%
8. Provinsi Sumatera Selatan, 13%
9. Provinsi Jawa Barat, 13%
10. Provinsi Kalimantan Selatan, 7%
Di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di:
1. Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68%
2. Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 58%
3. Kab. Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 53%
4. Kab. Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 52%
5. Kab. Brebes, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 50%
6. Kab. Tegal, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 48%
7. Kab. Pandeglang, Provinsi Banten, naik sebesar 47%
8. Kab. Indramayu, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 39%
9. Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 37%
10. Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat, naik sebesar 36%
Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7%. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.
Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relative stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:
1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%
xiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%.
Selama periode libur Lebaran tersebut, trafik layanan konvergensi XL Satu juga relative stabil dibandingkan hari biasa karena masih ada pelanggan yang tidak mudik. Sedangkan untuk layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:
1. Layanan Instagram, meningkat sebesar 24%
2. Layanan Netflix, meningkat sebesar 18%
3. Layanan Tiktok, meningkat sebesar 10%
4. Layanan Vidio, meningkat sebesar 8%
5. Layanan Youtube, meningkat sebesar 7%
Hingga akhir tahun 2023, guna melayani total lebih dari 12 juta pelanggan di seluruh Sumatera, jaringan XL Axiata ditopang oleh sekitar 37 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, yang telah menjangkau 7 ribu desa/kelurahan, 152 kota/kabupaten di 10 provinsi. Sementara itu, jaringan fixed mobile convergence (FMC) telah menjangkau 16 kota/kabupaten dan akan terus meluas.
Secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.(wol/rls/eko/d2)
Discussion about this post