Gerai Dinas Perkimcikataru Belum Beroperasi Hingga Pukul 10.00 WIB
MEDAN, Waspada.co.id – Pelayanan publik sungguh menjadi prioritas utama dalam pemerintahan Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap. Usai meninjau kantor Disdukcapil beberapa hari lalu, Rico Waas kembali melakukan hal serupa ke Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Iskandar Muda, Medan, Rabu (12/3).
Dalam inspeksi mendadaknya kali ini, Rico Waas ingin memastikan bahwa pelayanan publik di MPP berjalan dengan baik. Selain meninjau fasilitas yang tersedia, sidak tersebut bertujuan menindaklanjuti berbagai keluhan masyarakat. Antara lain soal keterbatasan blangko e-KTP dan pendaftaran online yang selalu penuh dalam hitungan menit.
“Kami mendapat cukup banyak laporan, terutama terkait pencetakan e-KTP. Ketersediaan blangko yang terbatas menjadi kendala utama. Begitu juga dengan pendaftaran online, yang selalu habis dalam waktu sangat singkat. Ini membuat masyarakat kecewa dan seolah-olah harus berebut untuk mendapatkan blangko tersebut,” ujarnya menjawab wartawan di sela-sela sidak itu.
Menurut laporan yang diterimanya, pendaftaran online untuk pencetakan e-KTP langsung penuh dalam lima menit setelah dibuka.
“Sebagaimana yang disampaikan bu kadis, lima menit setelah pendaftaran online dibuka, slotnya langsung habis. Jadi orang harus bersiap sejak sebelum pukul 08.00 WIB. Kami sedang mencari solusi agar pembagian blangko ini bisa lebih proporsional,” ujarnya didampingi Kadis PTSP, Nurbaiti Harahap dan sejumlah staf.
Tegur
Tak hanya itu, dalam kunjungannya, Wali Kota Rico Waas juga menegur Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Nurbaiti Harahap, karena mendapati gerai pelayanan Dinas Perkimcikataru belum dibuka meski waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB. Bahkan hingga pukul 10.00 WIB lebih, gerai tersebut masih belum beroperasi.

Selain soal keterlambatan layanan, Rico juga menyoroti kedisiplinan dan kerapian petugas pelayanan. Ia menegur seorang petugas yang dinilai kurang rapi dalam berpenampilan.
“Pelayanan publik harus mengedepankan profesionalisme, baik dari segi ketepatan waktu maupun penampilan petugas. Ini bagian dari pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tegas politisi NasDem itu.
Rico berjanji akan mencari solusi terbaik untuk mengatasi berbagai kendala dalam pelayanan publik, terutama terkait distribusi blangko e-KTP dan sistem pendaftaran online agar lebih adil dan tidak memicu ketidakpuasan masyarakat. (wol/mrz/d1)
Editor: Rizki Palepi
Discussion about this post