Medan, Waspada.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, belanja segala keperluan lebaran mulai dari pakaian hingga makanan pasti meningkat. Apa lagi di zaman serba digital, belanja secara online untuk keperluan lebaran jauh meningkat.
Namun tak jarang momen ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan penipuan atau yang lagi dikenal dengan istilah scam.
“Ramadan dan Idul Fitri selalu menjadi momentum di mana masyarakat berbelanja lebih banyak, baik untuk kebutuhan keluarga maupun untuk berbagi. Karena itulah kami menghimbau masyarakat untuk terus menjadi konsumen cerdas dengan melakukan pembelanjaan dengan cara yang aman, namun tentu tetap nyaman. Pastikan keamanan akun Anda saat berbelanja di Lazada dan hindari membagikan informasi pribadi Anda ke orang lain. Kami di Lazada juga akan terus berinovasi, menjaga keamanan dan kenyamanan platform, serta memberikan layanan dan pengalaman belanja terbaik untuk para pelanggan kami,” kata Vice President, Customer Care, Lazada Indonesia, Intan Eugenia, Sabtu (8/3).
Berikut beberapa tips dari Lazada Indonesia agar aman berbelanja secara online biar kalian gak jadi korban scam.
Belanja di Platform eCommerce Resmi
Pastikan berbelanja dari aplikasi resmi platform eCommerce. Buat akun dengan kata sandi yang kuat, dan jangan pernah membagikan kata sandi akun kepada siapapun.
Lazada bisa menjadi salah satu platform yang menjamin keamanan saat berbelanja secara online.
Jangan Beritahu OTP
Jangan pernah membagi nomer one-time password (OTP) kepada siapapun, bahkan yang mengaku karyawan Lazada. Lazada tidak pernah meminta OTP pelanggan. Jangan juga meng-klik tautan tidak dikenal yang mungkin mengarahkan Anda ke situs palsu untuk mendapatkan detail akun dan kata sandi akun.
Tolak Transaksi di Luar Aplikasi
Semua transaksi harus dilakukan di dalam aplikasi Lazada. Jangan mau apabila penjual menghubungi Anda dan meminta transaksi dan atau pembayaran dilakukan di luar aplikasi. Karena itu berarti Lazada tidak bisa membantu memantau transaksi Anda.
Untuk transaksi belanja kebutuhan lebaran secara online, kalian juga bisa memanfaatkan beragam fitur yang disediakan aplikasi eCommerce, seperti:
Gunakan Fitur AI
Bingung memilih produk yang sesuai untuk Anda? Bisa tanyakan pada AI Lazzie, yang bisa diakses melalui tombol ‘Pesan+’ di bagian bawah laman utama aplikasi. Berikan kata kunci yang spesifik, misalnya “panci yang cocok yang memasak rendang”, AI Lazzie bisa memberikan rekomendasi produk untuk Anda.
Manfaatkan Fitur Pengembalian Barang, Bila Perlu
Masih khawatir barang tidak sesuai pesanan atau tidak cocok dipakai Anda? Jangan khawatir! Lazada memiliki fitur Pengembalian Barang (syarat dan ketentuan berlaku). Anda cukup klik fitur ‘Pengembalian Produk” di aplikasi, pilih opsi barang dijemput kurir atau lakukan drop-off produk, lalu tinggal menunggu proses pengembalian dana.
Intan juga menyarankan agar customer memvideokan saat unboxing paket pesanan karena video unboxing akan dibutuhkan sebagai bukti penerimaan barang dari pembeli apabila ternyata ada ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dengan yang dikirimkan penjual.
Terakhir, Intan juga memberi tips agar bisa lebih hemat dengan memanfaatkan berbelanja pada masa festival belanja online, seperti kampanye Lazada Ramadan Sale yang sedang berlangsung saat ini.
“Pantau juga penawaran-penawaran khusus yang biasanya hanya diberikan di waktu-waktu tertentu. Jangan lupa ada Ramadan Sale di Lazada, mulai 25 Februari hingga 3 April 2025, berhadiah Umroh Gratis,” pungkasnya. (Wol/ega/d2)
Discussion about this post