MEDAN, WOL – Maret 2016, Citibank NA, Indonesia (Citi Indonesia) mencatat laba bersih sebesar Rp 633 miliar atau meningkat 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Angka ini naik 12% dari IDR 567 miliar di periode yang sama tahun lalu (yoy). Pertumbuhan laba Citi Indonesia didukung oleh pendapatan bunga bersih sebesar 10%.
Peningkatan yang positif juga terlihat dari jumlah total aset, dimana per Maret 2016 Citi Indonesia membukukan IDR 76,5 triliun naik sebesar 6% dibandingkan posisi periode yang sama tahun lalu (yoy).
Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi, mengatakan, bahwa kualitas aset pada akhir kuartal 1 2016 meningkat sehingga rasio NPL Net menjadi 1.15% dimana beban Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) juga membaik 25% menjadi IDR 131 Miliar sampai dengan akhir kuartal 1 tahun 2016.
“Untuk mempertahankan kinerja ini, kami akan secara konsisten menerapkan strategi untuk menjadi bank berskala global yang berkonsep simpler, smaller, safer and stronger.†terangnya kepada Waspada Online disela-sela kegiatan Public Lecture di Fakultas Ekonomi USU, Senin (2/5).
Kinerja positif ini juga juga dapat terlihat dari jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai IDR 51,2 triliun. Angka ini meningkat 4% dibandingkan periode yang sama tahun (yoy). Rasio Dana Murah (CASA) Citi Indonesia terhadap DPK ada pada kisaran 71%, sehingga diharapkan dapat terus mendukung pertumbuhan pendapatan bunga bersih.
“Dan melihat dari sisi permodalan, Citi Indonesia memiliki modal yang kuat dengan KPMM sebesar 28.86% pada kuartal 1 ini. Pencapaian rasio pemberian kredit/pembiayaan UMKM mencapai 9% terhadap total kredit per Maret 2016,”tuturnya.
Di ranah digital, Citi Indonesia memperkuat inovasi dan pelayanannya dengan meluncurkan empat Smart Branch yang berfokus pada solusi perbankan digital yang mumpuni.
“Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, nasabah serta pemangku kepentingan Citi Indonesia atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan. Semoga Citi dapat senantiasa menjadi mitra perbankan yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan bagi klien dan nasabah kami,†lanjutnya.
Batari menambahkan, Potensi para pelaku bisnis di Medan juga begitu besar, dan minat para mahasiswa yang menyukai dunia bisnis juga cukup baik dan ini yang menjadi sorotan Citi Indonesia untuk terus mendorong para masyarakat.
“Harapanya pencapaian Citi Indonesia juga bisa memberikan dukungan dan kontribusi bagi seluruh masyarakat dan mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi,” tutupunya.(wol/eko/data2)
Discussion about this post