JAKARTA, Waspada.co.id – Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini, 2 Mei 2019, OVO, Tokopedia dan Grab sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia saat ini meluncurkan gerakan nasional berbasis digital bertajuk ‘Patungan Untuk Berbagi’.
Program ini juga menggandeng Rumah Yatim, terlebih menyambut Bulan Suci Ramadhan yang telah meluncurkan donasi digital bagi anak-anak yatim piatu dan kurang mampu guna menjamin keberlangsungan pendidikan mereka.
Program ‘Patungan Untuk Berbagi’ ini nantinya akan mempersembahkan beasiswa dan keperluan sekolah anak-anak yatim piatu dan kurang mampu melalui donasi digital yang didukung juga dengan penyelenggaraan festival yang akan digelar di 8 kota besar di Indonesia. Yakni, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang dan Medan.
Nantinya pengunjung festival dapat berdonasi dengan memindai QR Code yang tersedia, yang nantinya jumlah donasi yang terkumpul akan dilipatgandakan oleh OVO, Tokopedia dan Grab. Artinya, jika jumlah total donasi mencapai Rp10 miliar, maka OVO, Tokopedia dan Grab akan menambah kelipatannya menjadi Rp20 miliar.
Diketahui, berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2017, terdapat 4,4 juta anak indonesia, termasuk yatim piatu dan anak keluarga kurang mampu (ekonomi lemah), yang belum terjamin pendidikannya. Donasi digital yang terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Rumah Yatim kepada anak-anak tersebut.
Program donasi digital yang digagas OVO, Tokopedia dan Grab ini juga merupakan bentuk dukungan penuh terhadap Program Indonesia Pintar yang saat ini tengah digalakkan Pemerintah. (wol/ags/data2)
Editor: Agus Utama
Discussion about this post