Waspada.co.id – Cegah penyebaran corona, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mengurangi jumlah perjalanan kereta api jarak jauh yaitu kereta api Sribilah Premium tujuan Medan – Rantau Prapat PP.
Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus Corona.
Vice President PT. KAI (Persero) Divre I SU Daniel Johannes Hutabarat menuturkan bahwa KAI mengurangi perjalanan jarak jauh yaitu kereta api Sribilah Premium tujuan Medan – Rantau Prapat sebanyak 2 perjalanan KA per hari mulai 27 s.d 31 Maret 2020.
“Pengurangan jumlah perjalanan KA jarak jauh tersebut sebanyak 2 perjalanan KA yaitu Kereta api Sribilah Premium tujuan Medan – Rantau Prapat PP dengan rincian sebagai berikut,â€tuturnya, Jumat (27/3).
A. Kereta Api Sribilah Premium (U62) pukul 10.30 relasi Medan – Rantau Prapat terhitung mulai tanggal 27 s.d 31 Maret 2020.
B. Kereta Api Sribilah Premium (U61) pukul 17.25 relasi Rantau Prapat – Medan terhitung mulai tanggal 27 s.d 31 Maret 2020.
“KA yang kami batalkan adalah KA yang memiliki jadwal atau KA alternatif sehingga penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat,†jelas Daniel.
Daniel menambahkan, KAI akan menghubungi penumpang yang sudah membeli tiket KA tersebut melalui Contact Center KAI 121 terkait informasi pembatalan dan pengalihan jadwal perjalanannya. Dalam hal penumpang dialihkan ke KA lain dan mendapat kelas yang sama atau lebih tinggi, KAI tidak akan mengenakan penambahan bea. Sebaliknya, jika dialihkan lalu mendapat kelas yang lebih rendah, maka KAI akan memberikan bea pengembalian di stasiun kedatangan, dengan batas waktu pengembalian tiga hari dari tanggal yang tertera di tiket.
“Namun jika penumpang tidak berkenan dialihkan perjalanannya ke KA lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan, maka kami akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen di luar bea pesan secara tunai. Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain,†tambah Daniel.
Daniel menambahkan penumpang dapat menghubungi Contact Center 121 melalui telepon ke 021-121, email cs@kai.id atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait perjalanannya.
“Semoga kebijakan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, agar penyebaran virus corona melalui kereta api dapat dicegah,†tutup Daniel.(wol/eko/rls/data2)
Discussion about this post