MEDAN, Waspada.co.id – Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat berkaitan dengan urusan pertanahan. Ia tidak mentolerir pelaku yang melakukan pungutan liar (Pungli) kepada masyarakat.
“Yang penting adalah tidak ada Pungli. Saya wanti-wanti kalau ada (petugas) pungli lapor saya, saya berhentikan,” tegas Hadi di Kantor BPN Kota Medan, Jalan STM, Selasa (12/7).
Mantan Panglima TNI menjelaskan, pelayanan di seluruh kantor ATR/BPN di Indonesia harus mengedepankan pelayanan yang prima. Harapannya, petugas harus mampu memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bukan hanya itu, Hadi juga meminta agar mereka memiliki inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan di bidang pertanahan tersebut.
“Kalau di Kota Medan saya melihat sudah sesuai. Pelayanan di sini baik, banyak inovasi yang dibangun, termasuk konteks di lapangan bahwa masyarakat bisa mengurus sendiri, mengurus sertifikat, roya, balik nama dan sebagainya. Pelayanan yang baik sudah baik,” ujarnya.
Terkait kebijakan layanan buka Sabtu dan Minggu, Hadi mengatakan hal ini menjadi bagian dari komitmen memberi pelayanan mereka. “Sabtu-Minggu dibuka untuk mewadahi masyarakat yang kerja Senin hingga Jumat. Sabtu-Minggu tetap beri pelayanan prioritas khusus yang mengurus sendiri,” pungkasnya. (wol/man/d2)
editor: FACHRIL SYAHPUTRA
Discussion about this post