MEDAN, Waspada.co.id – Layanan pengaduan gangguan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang dibuka Dinas Perhubungan Kota Medan melalui call centre dan WhatsApp di nomor 081396000934 maupun melalui google form dengan mengklik bit.ly/lpjumedan, berjalan efektif.
Terbukti, sejak dibuka pada 9 Januari 2023 lalu, ribuan masyarakat Kota Medan telah memanfaatkan layanan pengaduan gangguan LPJU tersebut. Setiap aduan direspon dengan cepat oleh Dishub Medan. Setiap malamnya, tak kurang dari 200 titik LPJU berhasil diperbaiki.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, mengatakan sejak Call Center gangguan LPJU dilaunching, pengaduan masyarakat terkait gangguan LPJU di Kota Medan mencapai ratusan laporan setiap harinya.
“Alhamdulillah, call centre Layanan Pengaduan LPJU yang kita buka mendapatkan respon yang sangat positif. Setiap harinya, petugas kita bergerak cepat ke lokasi yang masuk dalam call centre layanan pengaduan. Dalam semalam, sekitar 200 titik LPJU berhasil kita perbaiki,” ucap Iswar Lubis, Rabu (18/1).
Dijelaskan Iswar, pengaduan yang masuk hampir terjadinya setiap waktu. Tidak hanya pada pagi, siang ataupun sore hari, pengaduan matinya LPJU juga kerap masuk melalui call centre dan Google Form di malam hari.
“Layanan Pengaduan Gangguan LPJU ini kita buka 24 jam. Sebisa mungkin begitu mendapatkan aduan adanya gangguan, petugas kita langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.
Meskipun begitu, Iswar mengakui jika belum semua laporan gangguan LPJU yang masuk setiap harinya dapat terselesaikan pada hari itu juga, mengingat banyaknya laporan yang masuk. Untuk itu masyarakat diminta untuk bersabar, sebab semua laporan yang masuk dipastikan akan ditindaklanjuti oleh Dishub Medan.
“Saat ini belum semua pengaduan masyarakat bisa kita tindaklanjuti, namun kita akan terus berusaha agar semua permasalahan LPJU yang ada di Kota Medan bisa terselesaikan secepat mungkin. Sesuai instruksi Wali Kota Medan, Pak Bobby Nasution, layanan kepada masyarakat akan terus kita tingkatkan,” katanya.
Selain itu, sambung Iswar, Dishub Medan juga akan terus melakukan peningkatan pelayanan di bidang LPJU sebagai komitmen dalam mewujudkan Medan Smart PJU (Penerangan Jalan Umum).
“Yang pasti pelayanan akan terus kita tingkatkan, sebab kita sedang menuju Medan Smart PJU,” pungkasnya.(wol/mrz/d2)
Editor: FACHRIL SYAHPUTRA
Discussion about this post