MEDAN, Waspada.co.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 1 Belawan menyambut dan melayani kedatangan kapal MV WAN HAI 323 berbendera Singapura sandar di dermaga Terminal Petikemas Belawan Fase II yang dikelola oleh PT Prima Terminal Petikemas, (3/1) pukul 01.20 WIB.
Maiden Call yang didahului oleh kapal MV WAN HAI 323 akan diteruskan oleh lima kapal lain, yaitu MV. WAN HAI 286, MV. WAN HAI 356, MV. WAN HAI 306, MV. WAN HAI 325 dan MV. WAN HAI 317, sehingga total capacity direct service oleh WAN HAI LINES ke Belawan dapat mencapai 16.241 TEUs.
Dalam rangka penyambutan, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Pelindo Regional 1 Belawan, INAMPA, PT Prima Terminal Petikemas, PT Bintika Bangun Nusa dan stakeholder lainnya telah melaksanakan rapat koordinasi di Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Belawan, Jumat (30/12).
“Pelindo Regional 1 Belawan menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar dan berlayarnya kapal ini dari Dermaga Terminal Petikemas Belawan Fase II,” kata General Manajer Pelabuhan Belawan, Jonedi Ramli.
Assistant Manager Pelayanan Pemanduan, Endarto, mengatakan untuk pelayanan kapal MV ini, Perwira Pandu Pelindo Regional 1 Belawan telah melakukan optimalisasi kondisi alur untuk Belawan dengan Low Water Spring (LWS) sedalam 8,25 meter, dengan kriteria panjang 200 meter, draft 10 meter dan UKC 10% setelah terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan.

Kegiatan ini merupakan momentum awal tahun 2023 untuk meningkatkan kinerja atas jasa kepelabuhanan melalui direct service dari/ke Belawan menuju China, Taiwan, Jepang, dan Korea dalam rangka menurunkan biaya logistik di sub sektor angkutan laut dan dalam rangka menggairahkan perekonomian Indonesia pada umumnya serta Sumatera Utara pada khususnya melalui kegiatan ekspor berupa produk hasil olahan sawit, crumb rubber, frozen seafood, sayur mayor, wood product dan lain sebagainya.
Pelindo berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa, dan juga meningkatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder kemaritiman di Belawan agar layanan semakin baik, khususnya dalam pelayanan pemanduan dan penundaan kapal yang akan masuk dan keluar di perairan Belawan. (wol/rls/d1)
editor: FACHRIL SYAHPUTRA
Discussion about this post