MEDAN, Waspada.co.id – Seperti diketahui, Dharmawangsa Carnaval Tahun 2023 Series #1 sukses menyelenggarakan Seminar Nasional secara tatap muka dan live streaming youtube Undhar TV, dengan tema “Upgrade Skill Bisnis Online Melalui Social Commerce”. Tercatat kegiatan diikuti kurang lebih 500 peserta.
Turut hadir sebagai narasumber, yaitu Ade Mora Nasution (DPC IWAPI Kota Medan); Afri Tifana Dewi, SKom (Sales Community Supervisor Evermos); Dr. Zulham MKom (Dosen FTIK UNDHAR); Aulia Rizky SE (Asisten Manager PT. Gayari Global Persada-AICE)
Ade Mora Nasution mewakili DPC IWAPI Kota Medan mengatakan bila peta jalan kesuksesan orang lain pastinya berbeda dengan peta jalan kehidupan yang harus kita tempuh. “Baca, pahami, dan ambil nilai-nilai perjuangannya. Apapun ceritanya ingatlah bahwa kita sendirilah yang harus mewarnai setiap episode perjalanan hidup kita. Start Small, Start Easy, Start Now,” katanya.
Sales Community Supervisor Evermos, Afri Tifana Dewi SKom, menjelaskan bahwa perkembangan platform evermos sebagai salah satu sociocommerce yang berbeda dengan sistem market place lainnya.
“Di aplikasi evermos, kita bisa menjual barang milik orang lain, tanpa harus memiliki gudang sehingga dapat meraih keuntungan sebanyak2nya. Sharing ilmu dan informasi selama menjalankan bisnis usaha yang menerapkan strategi secara offline maupun online bisa jadi referensi para pelaku usaha,” tegasnya.
Dosen FTIK Undhar, Dr. Zulham MKom mengakui konektivitas digital yang meningkat membuat masyarakat harus adaptif dan responsif, terutama dari sisi pemahaman tren dan penguasaan perangkat teknologi.
“Transformasi digital yang terjadi secara cepat dan masuk di era pandemi ini membuat banyak dari kita beralih ke dunia digital. Ketika menggunakan media sosial, hal yang paling penting adalah cross promoting yang mempromosikan konten yang sesuai dengan karakteristik, referensi, dan komunitas, serta menciptakan konten yang menarik di waktu yang tepat,” jelas Zulham.
Sementara itu, Asisten Manager PT. Gayari Global Persada-AICE, Aulia Rizky SE, menjelaskan perihal product knowledge dan peluang usaha yang ditawarkan produk AICE PT. Gayari Global Indonesia kepada mahasiswa.
“Sekarang AICE telah memiliki program baru berupa HAWKER (pedagang keliling ice cream AICE), dengan syarat minimal memiliki sepeda motor. Selling point dalam penjualan, tidak hanya dinilai dari keunggulan produk dan harga saja, akan tetapi networking yang baik juga sangat mendukung hal tersebut,” tutupnya.
Ketua Panitia, Al Firah MSi berterimakasih atas partisipasi dan kontribusi berbagai pihak baik moril maupun materil, demi kelancaran event ini. (wol/ari/d1)
Discussion about this post